Senin, 20 Juni 2016

365 Hari Berlabel 'Anak MP'

 

Sebagian kecil dari keluarga besar

Tidak terasa, sekarang sudah berjalan menuju penghujung Bulan Juni.  Dimana tahun 2016 ini, Juni yang panas dibasahi oleh air hujan yang datang tanpa peringatan. Tepat pada bulan ini, tahun lalu, aku masih lulusan siswa SMP yang belum jelas masa depannya. Dapet sekolah dimana ya? Tahun lalu di bulan ini, pertanyaan itulah yang kerap memenuhi kepalaku. Tapi sekarang? Jalanku sudah mantap, pandanganku semakin jelas. Selama setahun ini, tidak hanya dikenal sebagai ‘Anak ibu-ayah’, aku juga menjadi ‘Anak MP’.Ya. Aku Prabhanika Rahayu Dharmeswari, dan aku sudah menjadi siswa di SMA impianku dan menjadi anggota ekstrakulikuler idamanku. Madyapadma Journalistic Club. Menyebut namanya dalam hati saja sudah menumbuhkan rasa yang aneh, dalam artian yang bagus tentu saja. Awalnya aku sedikit cemas, bagaimana lolos seleksi ekstra jurnalistik kalau belum ada pengalaman di bidang itu? Bila kamu berada di posisiku saat itu, aku yakin kamu akan berpikiran yang sama. Faktanya, aku adalah alumni Gita Suara Spentri (paduan suara) dan EC 3 (English Club). Sedikitpun tidak pernah aku menapaki yang namanya bidang jurnalistik. Lomba tulis-menulispun jarang sekali aku tekuni. Biasanya aku lebih memilih ikut Lomba Paduan Suara, English Debate, atau Speech Contest. Eits, tapi jangan salah. JJ3 (Journalistic Jepun) adalah salah satu nama klub jurnalistik yang kondang di kalangan jurnalistik SMP. Tidak jarang nama klub jurnal andalan Spentri ini didengar memborong piala dalam 1 ajang perlombaan. Tapi aku bukan salah satu anggotanya.Walaupun memiliki 0 pengalaman di bidang jurnalistik, hobi menulisku tetap berjalan. Buku harian, puisi, sajak, itulah jenis-jenis tulisan yang aku sukai. Rumit, tapi artinya sederhana. Sebelum menjejak di SMA, aku sudah tahu bahwa Trisma amat menghargai prestasi berupa karya tulis. Kakakku yang merupakan alumni Trisma angkatan 32, Kessi, sering mengingatkanku untuk rajin-rajin menulis karena karya tulis menjadi salah satu syarat kelulusan. Tapi apadaya kalau adiknya ini sangat buta dalam hal penelitian dan karya tulis. Lalu keluarlah 1 nama dari bibirnya. Sebuah nama yang sudah mengubah cara pandangku dalam kurun waktu setahun.Madyapadma. Ekstra Jurnalistik. Hanya sebatas itulah pandangan awalku terhadap ekstra ini. Wah, aktif banget ya ekstranya, banyak banget ya kegiatannya, aduh, prestasinya banyak juga. Itu sekiranya beberapa embel-embel yang dapat aku bayangkan tentang Madyapadma. Tibalah hari itu, dimana aku sudah menjadi siswa baru di Trisma, dan hari dimana seluruh ekstra di sekolah melakukan orasi, semacam pengenalan awal dengan sedikit atraksi sana-sini yang menunjukkan ciri khasnya. Sekitar 1 jam lebih aku dan teman-teman angkatan 39 menerima panasnya matahari pagi menjelang siang, duduk manis di lapangan. Akhirnya, kita pindah ke ruang workshop untuk melihat orasi ekstra yang ‘atraksinya’ membutuhkan situasi indoor. Ketika melihat orasi ekstra VOG, jiwa paduan suaraku tergugah, dan sangat tertarik untuk mencentang kolom VOG di kertas pendataan ekstra yang sudah aku lipat-lipat sedemikian rupa. Namun, orasi ekstra paling terakhir yang ternyata berhasil mencuri hatiku. Sekitar 50 orang lebih, kebanyakan memakai kaus merah, sisanya mengenakan jaket merah beraksen hitam. Setelah menonton beberapa film pendek hasil garapan mereka, aku memutuskan untuk bergabung dengan ekstra ini. Jadi aku mencentang kolom ekstra jurnalistik, Madyapadma.Hari Sabtu, di ruang kelas XI MIPA 3, hari pertama di Madyapadma. Berbekal buku kosong dan kotak pensil yang isinya masih lengkap, aku mengikuti kegiatan pertama di ekstra. Diawali dengan perkenalan hangat oleh kakak-kakak kelas XI dan XII, aku baru menyadari bahwa ada banyak sekali bidang di ekstra yang satu ini. Jabatan pengurusnya juga berbagai macam. Aku sempat mendengar bahwa MP punya bidang radio, dan begitu perkenalan kelas X, aku sudah membulatkan tekad untuk mempraktekan ilmu public speaking-ku dan mengikuti bidang radio. Waktu berjalan cepat, hingga pergantian pengurus. Jabatan Pemimpin Umum MP angkatan XXX VII, Kak Fina diteruskan oleh Kak Yana. Tidak diragukan lagi, bahkan pada saat orasi pemilihan PU, pidato Kak Yana banyak menuai semangat, khususnya di angkatanku. Setelah itu, sudah mulai juga kita mengenal kegiatan-kegiatan di MP. Selain piket (barang bekas dan MPTV), favoritku sekaligus yang mebutuhkan tenaga banyak adalah kording (koran dinding). Kelompok kording 3 terdiri dari aku, Iga, Fahreza, Erika, dan Mala. Dill3ma. Begitulah nama yang kita pilih. Mulai dari menentukan siapa membuat apa, topik, narasumber, layout, dll, kita berhasil menyelesaikan kording dill3ma yang pertama tepat pada hari ulang tahunku yang ke-16. Selain itu, untuk di bidang radio kita mendapat pelatihan khusus selama 3 hari. Seru, dan sangat membuka mata tentang dunia penyiaran. Tidak lama kemudian, mulai terbentuk jadwal siaran 2 jam berbasis online yang masih bernama Voice of Madyapadma.Momen favorit MP akhirnya datang juga. Banyak kisah sudah aku dengar. Mulai dari gelak tawa, tangisan, hingga ajang menginap demi kelangsungan acara ini. PRESSLIST 7. Begitulah namanya. Ketika pengumuman panitia untuk Presslist, aku sedikit kecewa karena tidak terpilih sebagai ketua penyiaran maupun KBRF. Tapi mengingat keadaanku dimana Presslist bukan satu-satunya fokusku, aku menerima dan dengan cepat beradaptasi dengan tugas kepanitiaanku sebagai anggota sie penyiaran. Tidak hanya di tugas panitianya masing-masing, kita juga mendapat tugas menyebarkan proposal, mencari sponsor, menjaga pendaftaran, dan MP all around. Capek sudah pasti. Membawa proposal ke seluruh SMP dan SMA se-Bali, sponsor ke segala penjuru, bengong ketika pendaftar masih sepi, tapi tetap membakar semangat akan melihat kelancaran Presslist 7. Akhirnya, h-3. Pulang malam, makan tak teratur, tidak mandi, sudah menjadi kodrat. Tapi semua itu terbayar dengan melihat acara Presslist yang berjalan lancar selama 2 hari. Aku sebagai penyiar di acara pembukaan dengan Vira bisa melihat bahwa Presslist berjalan lancar, dan berlangsungnya acraa bedah buku dimana aku dan Maetha adalah moderatornya juga tak kalah sukses. Dan untuk pertama kalinya, aku mendapatkan semacam kepuasan tersendiri.Saat ini, dalam masa-masa PKSTD, aku merasa jadi orang pesimis sedunia. Mengapa tidak? Banyak sekali pihak lain yang menurutku sangat cocok menjadi pengurus inti, terutama di bidang radio. Walaupun sudah memenuhi diri dengan banyak kutipan bijak, motivasi diri, dan sejenisnya, tetap saja aku merasa bahwa sudah banyak yang pantas mendapatkan jabatan pengurus inti. Dan sejujurnya, karena tidak suka merasa pesimis, namun lelah menjadi ambisius, aku telah mengambil keputusan. Bahwa aku akan menikmati setiap prosesnya dalam PKSTD. Menikmati dan menjalani setiap tugasnya, mengerahkan seluruh kemampuanku dengan maksimal, dan fokus pada tujuanku saja. Tanpa mengeluh dan membandingkan diri dengan orang lain. Karena dengan meresapi segenap idealisme Madyapadma dan segala unsurnya bak menikmati tiap kelopak bunga teratai, aku sudah merasa lengkap dan utuh. Daripada ribet, mending nyanyi aja . Kumpulan anak muda hebat, kami Madyapadma~~~


54 komentar:

  1. Keren banget kak๐Ÿ˜ Sukses terus

    BalasHapus
  2. Bagus maa๐Ÿ‘ sukses teruss๐Ÿ˜™

    BalasHapus
  3. asah terus bakatmu ma, aku yakin kamu akan menjadi orang hebat nantinya, semangat! ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. astungkaraa, makasi dukungan ldr nya nisaa

      Hapus
  4. Wah mantap, semoga lebih sukses kedepannya

    BalasHapus
  5. Mantap sekalii, sukses terus

    BalasHapus
  6. Niceee..
    Tapi lebih nice lagi kalo ada fotoku :3

    BalasHapus
  7. Baguss ma, menyentuh hati :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhasil menyentuh hatinya surya ya? makasiii

      Hapus
  8. Lumayan lumayan maa, sukses yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi eldyy, semoga pahalanya nambah di bulan suci iniii

      Hapus
    2. makasi eldyy, semoga pahalanya nambah di bulan suci iniii

      Hapus
  9. Ini blog ya?
    Lumayan lah huehue. Sukses terus cuk.
    Semoga nih blog muncul pertama kalo di search.
    Kunbal ya sob :v

    BalasHapus
  10. Bagus ma..๐Ÿ‘, sukses terus ya

    BalasHapus
  11. Well done ma! Sukses terus ya sama blognya! Hopefully you can achieve more & more in journalisric career as time goes by! Xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. omg thankyou so muchh, missing us in debating career:(

      Hapus
  12. Balasan
    1. ini sebenrnya cuma curcol tapi makasi ya bos

      Hapus
  13. keren bangets qaqa! sukses teruss kedepannya

    BalasHapus
  14. keren bangets qaqa! sukses teruss kedepannya

    BalasHapus
  15. Mantaps... Terus berkarya !!

    BalasHapus
  16. Aye fam ur blog so dope dont stahp like bruh aye
    LONG LIVE BANGTAN SONYEONDAN aye
    #hugnamjoonie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lol arigatou senpaii, longlive vkook๐Ÿ’—๐Ÿ’—๐Ÿ’—

      Hapus
  17. Kerennn armaaa mangat terus yakkk
    ~belinda

    BalasHapus
  18. oooooo yaaaaa ooooo....
    kunjungi blogku juga yaa https://nandahblog.wordpress.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak tunduk kepada kamuuu.....
      Sipsipppp

      Hapus
  19. Arma memang panutan.. Sukses terus arma ๐Ÿ™Œ๐ŸŽ‰

    BalasHapus
  20. Makasi banyak kak lidyaa๐Ÿ’—๐Ÿ’—

    BalasHapus
  21. artikelnya bagus, tulisannya berkelas. Terus berkarya !

    BalasHapus